Wisata Curug Indah di Tegalrejo

Thursday, October 13th 2016. | Travel

Wisata Curug Indah di Tegalrejo

Wisata curug indah di tegalrejo bisa dimasukkan ke dalam daftar paket wisata ketika berkunjung ke jogja. Terletak di dusun Tegalsari, kecamatan Gedangsari kabupaten Gunung Kidul membuat lokasi ini masih tersembunyi. Tidak mengherankan jika keasrian tempat wisata curug ini masih terjaga dengan baik.

curug-indah-tegalrejoUntuk sampai ke tempat wisata ini, kita bisa melalui dua jalur. Jalur pertama via jalur Piyungan-Wonosari. Jalur ini dikenal memiliki jalur yang berkelok-kelok dan naik turun. Meskipun jalurnya menantang, kita akan disuguhi dengan pemandangan yang indah di jalur ini. jalu ini joga cocok bagi mereka yang memang sudah memiliki paket tour Jogja di gunungkidul karena sejalur. Sementara jalur kedua melewati kecamatan Wedi, kabupaten Klaten, jalurnya relative lebih datar sehingga tidak memerlukan perjuangan ekstra.

Selain dikenal sebagai curug indah Tegalrejo, ternyata curug ini juga dikenal dengan nama curug Bayat. Masyarakat sekitar menyebut begitu karena memang letak dari curug ini dekat dengan kecamatan Bayat, Klaten.

Tempat wisata curug indah tegalrejo ini ternyata memiliki 3 tingkatan ait terjun. Tetapi sebelum sampai di curug ini, kita harus berjalan menyusuri sungai sekitar 15 menit dulu dari parkiran. Setelah sampai, kita akan menemui curug 1 dan dua yang ketinggiannya relatif rendah. Asyiknya, di curug 1 dan 2 ini terdapat cekungan seperti kolam sehingga pengungjung bisa bermain air ataupun berenang di tempat ini. Bagi yang tidak bisa berenang harus tetap berhati-hati karena ada beberapa titik di kolam curug 1 dan 2 ini yang kedalamannya lebih dari 2 meter.

Bagi yang masih penasaran bisa melanjutkan ke curug yang ketiga yang lokasinya terletak di atas curug 1 dan 2 tadi. Curug yang ke 3 ini bisa dibilang curug yang terindah karena salah satunya adalah curug ini yang tertinggi dari yang lain. Curug ini juga bertingkat-tingkat sehingga terlihat sangat menawan. Tidak salah jika curug ini masuk ke dalam daftar paket wisata di yogyakarta untuk menikmati guyuran air ditemani pemandangan alam yang masih asri.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi curug indah tegalrejo ini adalah awal atau pertengahan musim kemarau. Ketika masih musim hujan, selain bahaya banjir juga air yang mengalir di curug ini akan berwarna kecokelatan. Tentu hal ini bisa merusak mood wisata para pengunjung. Dan juga, air kotor bisa mengurungkan niat pengunjung untuk bermain air.

Apalagi saat musim kemarau, menurut penduduk sekitar air di sungai ini mengering sehingga tidak ada air yang mengalir di curug. Tentu kita tidak bisa menikmati wisata curug ini saat air mengering.

Sementara saat pertengahan musim kemarau, volume air cukup, warna air tidak cokelat kotor, dan juga tidak ada potensi untuk banjir. Itulah kenapa berwisata ke tempat ini saat pertengahan musim kemarau menjadi saat yang pas untuk bisa menikmati curug indah ini.

Pengelolaan wisata ini ternyata masih dikelola oleh warga lokal sendiri. Meskipun begitu, fasilitas seperti kamar mandi, mushola dan tempat parkir sudah ada meskipun belum terlalu lengkap. Tariff masuk pun bisa dibilang masih murah karena hanya dengan Rp. 2000 untuk tiket masuk dan Rp 2000 untuk parkir motor, kita sudah bisa menikmati tempat wisata curug indah ini. Tempat wisata curug ini dengan tiket masuk yang murah, dengan pemandangan yang indah dan tersembunyi telah menarik banyak travel blogger, mahasiswa dan kaum muda untuk datang menikmati tempat ini.

Satu hal saat berkunjung ke tempat ini adalah untuk tidak membuang sampah kita sembarangan karena belum tersedianya tempat sampah di sini. Dengan membawa kantung plastik sendiri dan membawa sampah kita pulang, kita sudah ikut melestarikan dan menjada tempat wisata curug indah di tegalrejo ini agar tetap asri dan indah untuk dinikmati.

tags: ,